Q: apa yang kalian pikirkan dan rasakan ketika kalian pergi ke negara dimana kalian tidak pernah kesana sebelumnya dan melihat ratusan fans heboh berkumpul untuk melihat kalian? (entah kenapa gw ngerasa negara yang dimaksud interviewer ini Indonesia. haha. menurut gw lho…)

Taemin: kami sangat berterima kasih mengetahui fakta bahwa banyak fans dari negara-negara lain yang belum pernah kita datangi tapi mereka mengetahui tentang kami dan tertarik dengan SHINee. tentunya, aku ingin pergi ke negara-negara itu dan sedikit share tentang kita. jika kita punya kesempatan untuk promosi ke negara-negara itu, aku sangat ingin pergi.

Key: ketika ada banyak fans menunggu kami di salah satu negara yang belum pernah kita datangi sebelumnya, satu hal yang terpikirkan olehku adalah betapa hebatnya internet dan betapa cepatnya internet. maksudku, ketika kami merilis music video di korea itu berarti juga rilis di seluruh dunia (maksudnya rilis dalam waktu bersamaan di youtube). kami sangat mencintai youtube.

Q: negara mana atau tempat apa yang ingin kalian kunjungi?

Onew: Alaska. aku ingin pergi kesana setidaknya sekali saja.

Taemin: kutub utara (aigoo taeminnie~ mwoya~)

Key: Eropa (i know it.. shopping shopping deh key sepuasnya di eropa.. haha)

Q: angka fans internasional k-pop terus meningkat. bagaimana hal ini mempengaruhi latihan, lagu-lagu, aktifitas promosi kalian?

Onew: semakin banyak dukungan yang kami dapat, semakin kami merasa kami harus bekerja lebih giat lagi. kami selalu ingin memperlihatkan performance kami yang lebih baik kepada para fans. jadi kami harus bekerja dengan giat dan rajin latihan.

Key: jika ada suatu negara dimana banyak orang yang menyukai musik kami, aku pikir sangat memungkinkan untuk membuat rencana promosi disana. tentu saja, album lisensi kami selalu tersedia. tapi, untuk contohnya, kami sering pergi ke jepang setelah melakukan promosi di korea. untuk melakukan promosi di jepang itu, kami mempelajari bahasa jepang dan sebagainya dimana itu berarti kita mendapatkan pengaruh dari para fans itu. (hhm menurut gw jadi maksud key. pengaruh fans internasional, misalnya fans jepang. ngebuat mereka jadi harus belajar bahasa jepang. dan itu ngasih efek positif pastinya buat mereka)

Q: SHINee sekarang cukup populer di kalangan pecinta k-pop di Asia Tenggara dan Amerika Serikat. apakah kalian melihat adanya perbedaan antara fans korea dan fans internasional?

Minho: cara fans korea bersorak/berteriak ketika kita perform agak berbeda karena mereka mengerti arti liriknya. untuk fans internasional, karena mereka tidak mengerti liriknya, mereka lebih bersorak ke aspek perform kami (jadi mungkin maksudnya lebih ngeliat ke cara dance, wajah, atau ekspresi. mungkin gitu..). kami mendengar banyak dari mereka belajar bahasa korea karena mereka menyukai budaya korea dan musik korea dan melalui itu mereka mencoba untuk mengerti lagu-lagu kami. kami sangat mengagumi usaha para fans internasional belajar bahasa korea untuk mengungkapkan rasa cinta mereka kepada kami.

Q: musik video mana yang terus teringat di ingatan kalian sewaktu sedang pembuatan musik video?

Key: musik video album debut kami. itu pertama kalinya kami shooting musik video dan aku sangat gugup. kaku, menyenangkan, memusingkan. aku sangat gugup. aku sangat gelisah tentang banyak hal. setelah musik video pertama itu, aku berpikir “wow, musik video bukan sesuatu yang harus dicemaskan”

Taemin: lucifer. kita mengambil gambar ketika menari sekitar 11-12 jam. itu sangat sulit karena kita terus menari — hal itu yang sangat menempel di pikiranku. dan juga setting nya sangat menyengangkan.

Onew: ketika kami shooting musik video ring ding dong, ada adegan dimana kita shooting di dalam air. air tidak sampai ke kepala kita atau apapun — air hanya sampai di bagian kaki untuk memberikan efek cipratan. selama shooting, kita memakai boots dan sangat banyak air yang masuk kedalam sepatu kita dan membuat kita tidak bisa menggerakkan kaki kami (Key: shooting pada saat itu juga sangat dingin). dan kita juga shooting di atas bangunan yang tinggi dan itu sangat menyenangkan.

Q: apa lagu favorit atau lagu yang sering kalian nyanyikan pada saat karaoke?

Onew: aku sering pergi karaoke sewaktu muda, tapi semenjak debut, aku mulai tidak pernah pergi. tapi sebelum itu, ada lagu korea yang berjudul ‘Lets race horses (mal dal lee ja)’ lagu itu sangat menyenangkan. sangat bagus untuk membangkitkan suasana.

Taemin: ketika aku pergi karaoke dengan teman-teman ku setelah debut, mereka pasti selalu menyanyikan lagu-lagu kami. mereka pasti membuatku menyanyikan lagu-lagu kami.

Minho: ketika aku pergi karaoke dengan teman-teman ku, aku sering menyanyikan lagu-lagu kami. tapi juga lagu-lagu menyenangkan lainnya, satu lagu yang kuingat kami selalu menyanyikannya adalah lagu psy – champion. kurasa kami menyanyikan lagu itu karena lagu itu menyenangkan.

Jonghyun: aku sering bernyanyi ketika aku masih remaja dan aku sering menyanyikan lagu ballad. misalnya lagu dari buzz atau sg wannabe. pada saat itu aku masih bersekolah dan lagu-lagu mereka sangat populer waktu itu.

Key: aku paling sering menyanyikan lagu-lagu k-pop baru (maksudnya key, dia suka nyanyi lagu-lagu k-pop yang baru rilis). aku sering menyanyikan lagu-lagu yang ada di halaman terakhir di daftar lagu karaoke. aku tidak terlalu bisa mengingat lagu lama.

Q: apa lagu favorit mu dari semua album?

Taemin: menurut ku lagu yang paling kami sukai adalah ‘Replay’. itu adalah lagu debut pertama kami dan segala kegugupan yang kita rasakan bersama, latihan, shooting untuk music video pertama, semua itu adalah kenangan special untuk kami semua.

Q: sekarang melihat dari album pertama dan kedua kalian, konsep apa atau jenis musik apa yang kalian ingin coba untuk album selanjutnya? konsep yang belum pernah kalian coba.

Onew: aku ingin mencoba konsep anak band.

Taemin: aku ingin mencoba seperti linkin park. sepertinya bagus untuk menghilangkan stress.

Key: yang pasti bukan musik trot (musik yang berbau lagu lawas)

Q: jika kalian bukan artis, karir apa yang akan kalian coba?

Taemin: cita-citaku sewaktu kecil adalah menjadi seorang pilot. tapi hal itu sudah berubah ketika aku sudah menjadi artis. setelah menjadi artis, aku berpikir lagi tentang cita-citaku dan aku ingin menjadi seoranh nelayan. tapi setelah kupikir lagi menjadi seorang nelayan harus berada dilaut dan aku sangat mudah terkena mabuk laut. jadi kupikirkan lagi dan kuputuskan aku memang lebih baik menjadi seorang artis. (haha cape deh taemin.. )

Q: apakah orangtua kalian selalu mendukung kalian menjadi seorang penyanyi?

Onew: sejak aku masih kecil, ibuku selalu menyarankanku untuk menjadi seorang penyanyi. pertama aku katakan pada ibuku kalo aku tidak mau menjadi penyanyi, tapi pikiranku berubah waktu aku kelas 9. sejak saat itu, ibuku sangat sangat mendukungku.

Minho: orang tua ku sangat menentang sekali pertamanya waktu aku mengatakan kepada mereka aku ingin menjadi artis/penyanyi, tapi setelah aku mengatakan kepada mereka bahwa kami akan debut, mereka mulai mendukung dan sangat membantu. setelah kami debut, orangtua ku sangat kelihatan senang. mungkin karna mereka bisa melihat anak mereka di televisi.

Taemin: sama seperti onew hyung, orangtua ku sangat mendukung.

Key: mereka sangat menentangku untuk menjadi artis/penyanyi, tapi aku tetap pada pendirianku dan lama kelamaan mereka menyetujuinya dan sekarang mereka senang melihatku menjadi seorang penyanyi.

Q: apa kebiasaan aneh yang sering dilakukan oleh para member?

Key ke Taemin: dia selalu menghilangkan barang-barangnya dan tugas kami (hyung-hyungnya) mencari barang-barang yang hilang itu.

Taemin ke Onew: onew hyung mempunyai banyak kebiasaan tidur yang aneh. misalnya, dia tidur dengan menutup seluruh tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki. dia gak bisa tidur kalau ada cahaya sedikitpun (yailah onew kayak gw banget lo.. -.-) (waktu taemin bilang gitu, onew ngomel karna mereka gak pernah mau mematikan lampu waktu tidur, jadi onew mengalah dengan cara menutup seluruh tubuhnya dengan selimut. taemin bilang onew tidur dengan tertutup selimut seperti itu hingga pagi dan paginya ketika bangun tubuhnya akan penuh dengan keringat).

Onew ke Jonghyun: jonghyun tidur dengan mata sedikit terbuka. sangat sedikit..

Jonghyun ke Minho: ada momen ketika dimana minho tiba-tiba menjadi sangat serius. dia mendengar lelucon kami dengan sangat serius dan memasukkannya ke hati. dan akhirnya kita harus meyakinkannya bahwa kami hanya bercanda (yah bisa dibilang minho ini agak temper).

Minho ke Key: key berasal dari daegu (provinsi di sebelah selatan korea). ketika dia sedang berbicara dengan kita, kadang-kadang aksen nya suka keluar begitu saja. dan ketika dia berbicara dengan keluarganya dia langsung berbicara dengan aksen daegu.

Q: apa makanan korea kesukaanmu?

Taemin: apapun yang berhubungan dengan daging sapi.

Onew: sekarang ini aku suka sekali dengan “nak jee bokkeum” (cumi-cumi/gurita rebus yang dikasih cabe merah). aku suka pedas. sangat lezat.

Jonghyun: aku tidak mempunyai makanan favorit. tapi aku suka daging.

Minho: aku suka sekali makan mi ramen. aku selalu menambahkan banyak cabe super pedas.

Key: aku suka sekali pasta krim, tapi kalau makanan korea kesukaan ku green onion kimchi.

Pertanyaan untuk onew

Q: kamu sudah berpartisipasi di beberapa drama musikal. apa kamu mempunyai keinginan untuk berakting di drama?

Onew: ya, kupikir akting di drama akan menyenangkan.

Q: karakter seperti apa yang ingin kamu mainkan di drama itu?

Onew: aku belum terlalu memikirkan tentang hal itu.

Pertanyaan untuk jonghyun

Q: bagaimana kamu menyadari kamu mempunya passion dalam mengkomposisi musik?

Jonghyun: sejak aku SMP, aku mempunyai mimpi untuk menjadi seorang komposer atau pelatih vokal.

Q: jika kamu dapat melakukan kolaborasi impianmu dengan artis yang boleh kamu pilih sendiri untuk menjadi duet, siapa yang akan kamu pilih?

Jonghyun: aku ingin bekerja sama dengan seseorang yang umurnya berbeda denganku dan bukan berasal dari korea, aku ingin berkolaborasi dengan artis yang lebih tua dariku dan mengetahui budaya sebelum aku lahir. bekerja sama dengan orang seperti itu akan memberikanku banyak pengalaman. untuk artis korea, aku ingin bekerja sama dengan seseorang seperti Kim Gun Mo dan artis luar aku ingin bekerja sama dengan artis amerika, Baby Face. aku sangat suka dengannya sebagai produser musik.

Pertanyaan untuk key

Q: baru-baru ini di soompi, banyak member soompi yang mebicarakan tentang make-up mu dan guyliner. banyak dari mereka mengatakan bahwa kamu terlihat sexy memakai make-up eyeliner seperti itu. apa pendapatmu tentang hal ini?

Key: aku memakai make-up seperti itu karna aku ingin. menurutku make-up itu menyesuaikan dengan konsep. jadi aku akan memakai make-up seperti itu kalau cocok dengan konsepnya. misalkan waktu perform hello, aku tidak akan memakai make-up seperti itu karna tidak cocok dengan dengan konsepnya. tapi, ketika perform ring ding dong, aku akan memakai make-up seperti itu. karna cocok.

Q: apakah kamu shopping waktu sedang berada di L.A untuk Hollywood Bowl?

Key: kami tidak banyak mengunjungi tempat-tempat di L.A, jadi aku hanya membeli ipad, dan karna H&M belum ada di korea, jadi aku membeli banyaaaak (key bilang sih seton. haha) aksesoris dari H&M.

Q: apa pendapatmu tentang perbandingan fashion di amerika dan korea?

Key: aku pikir fashion amerika mendekati dengan fashion yang kusuka. maksudku, designer seperti jeremy scott tinggal dan bekerja di LA, kemanapun dia pergi, konsepnya selalu tentang remaja. untuk comtoh di L.A, aku melihat banyak remaja memakai kaos putih dengan jeans putih dan memakai NIKE. hal itu normal, setiap hari hal itu terjadi di L.A. tapi bila hal itu terjadi di korea, cara berpakain seperti itu sudah termauk kedalam style, tapi hal itu juga sama terjadi di L.A, bila fashion remaja korea diperlihatkan ke L.A, maka itu akan menjadi style juga di L.A.

Q: jika kamu bisa berbelanja dimana saja di dunia, negara mana yang akan kamu datangi?

Key: Inggris. aku ingin pergi ke toko vintage disana.

Pertanyaan untuk minho

Q: sudah sangat diketahui dengan baik kalo kamu sangat mencintai olahraga. jika kamu dapat membuat tim sepakbola impianmu, selebriti siapa yang akan kamu pilih untuk tim-mu?

Minho: aku tidak siapa yang bagus atau tidak, jadi aku akan memilih dari SM. pertama, eunhyuk hyung dan donghae hyung dari super junior. dan untuk kiper aku akan memilih shindong hyung.

Pertanyaan untuk taemin

Q: koreografi mana yang paling kamu suka dari semua lagu?

Taemin: dari semua lagu, aku paling suka koreografi dari ‘replay’. sangat menyenangkan. kami bekerja dengan koreografer luar/asing untuk pertama kalinya. itu sangat menyenangkan dan mengejutkan untukku.

Q: bagaimana kamu membandingkan kemampuan dance-mu sekarang dengan waktu pertama debut?

Taemin: bekerja dengan dan belajar dari banyak guru yang berbeda dan koreografer asing dan dengan para penari lainnya tentu saja mengembangkan kemampuanku sedikit demi sedikit dan juga aku sekarang banyak perform di panggung daripada sebelumnya dimana juga membantu perkembangan kemampuan menariku. intinya, kemampuan dance ku sekarang lebih baik darpada sebelumnya.

haha jawabannya aneh-aneh.. maaf kalo translate nya rada ngaco. maklum masih belajar.. hehe

btw jari keriting nih ngetiknya -.-

